Perbedaan Espresso, Latte, Moka, Cappucino

Kemarin teman kosan datang membawa “oleh-oleh”, yaitu 2 minuman kopi-kopian rasa mocca dan cappucino.

Trus tiba-tiba tertarik buat ngebahas perbedaan dari jenis-jenis kopi yang namanya sering terdengar di sekitar generasi starbucks.

Espresso

Espresso merupakan kopi hitam yang kental dengan rasa yang kuat. Espresso asli biasanya diminum tanpa campuran pemanis ataupun susu, dan disajikan dalam gelas kecil yang disebut dengan shot.

Latte


Istilah Latte pertama kali populer di Amerika Utara. Di Eropa, latte lebih cenderung dianggap sesuatu yang diperuntukkan bagi anak-anak anda atau peminum kopi yang masih sangat belia.

Banyak orang yang bingung membedakan latte dengan cappucino. Latte adalah espresso dalam kombinasi dengan susu yang dihangatkan dengan uap air (semacam dikukus). Café latte adalah campuran antara espresso dan susu cair dengan perbandingan 1:2. Jadi 1/3 bagiannya adalah kopi, sedangkan 2/3 bagiannya adalah susu cair. Jika dibandingkan dengan cappuccino, café latte ini lebih ringan rasa kopinya, karena lebih banyak mengandung susu (kopi-indonesia.com).  Tapi menurut mas Saladine yang ikut berkontribusi lewat kolom komentar, padanan latte yang lebih tepat adalah  2/6 espresso, 3/6 susu, dan 1/6 foam / busa susu :D

Jika anda menambahkan cokelat ke dalam minuman tersebut maka akan menjadi moka :-D

Moka

Sebagian orang menyebut moka sebagai kopi coklat atau kopi dan coklat. Cokelat yang dicampur dalam minuman ini juga dapat bervariasi. Beberapa moka menggunakan coklat sirup sementara yang lain menggunakan coklat bubuk. Cokelat yang digunakan pun dapat berupa cokelat putih atau cokelat yang hitam. Mereka hanya berbeda karena jenis cokelat yang digunakan. Kadang-kadang minuman moka atasnya disemprot dengan whipped cream. Perlu diketahui juga bahwa informasi ini sangat subjektif, proporsi bisa bervariasi dan setiap barrista mempunyai resep masing-masing untuk mengubah hidangan mereka agar sesuai dengan selera pelanggan lokal.

Moka adalah salah satu varietas kopi tertua di dunia dan merupakan salah satu jenis kopi pertama yang dipasarkan dan dinikmati oleh orang Eropa. Menggunakan resep dasar yaitu coklat dan kopi, berbagai jenis minuman moka telah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Istilah ‘moccaccino’ atau ‘mochacino’ juga digunakan di beberapa tempat di AS. Minuman mocha saat ini dapat disajikan dalam minuman dingin maupun panas yang tersedia dan dikemas di sebagian besar supermarket.

Cappuccino

Cappuccino adalah sajian kopi khas Italia yang biasanya diminum pagi hari. Cappuccino terdiri dari espresso, susu cair dan busa susu di atasnya. Busa susu ini bentuknya menyerupai cap/topi sehingga disebut Cappuccino (kopi-indonesia.com)

Minuman ini sering disalahartikan dengan latte, tapi pada dasarnya mereka adalah dua minuman yang amat berbeda. Umumnya cappuccino dibuat dalam sepertiga proporsi. Ini berarti cappucino yang tepat adalah sepertiga espresso, sepertiga susu yang dikukus, dan sepertiga busa susu.

And then, gw menemukan ilustrasinya sbb:

(dari berbagai sumber)

22 comments

  1. Kebetulan sekali, di kantor ada mesin minuman dengan pilihan-pilihan seperti di atas. Lengkap bahkan ada Chococino nya juga. Dan awak gak tahu apa perbedaannya.

    Terima kasih artikel nya sangat bermanfaat pike

    1. sama-sama dacat :D

      tapi menurut pengalaman pike, di Indonesia “kaidah-kaidah” takaran kopi seperti di atas ga terlalu diperhatikan. Tapi memang at least tau lah yaa
      Pernah ke coffee toffee yang di kampus dacat? disitu frappe nya ada beberapa jenis dan pike ga bisa ngebedain antar masing2nya..haha!

  2. yazhil ben arfa · · Reply

    setiap rasa kopi yg di ingin tergantung orang tersebut yg merasakan…..info nya sangat kuat…saya suka……ada perbandingan yg berbeda dengan racikan saya….salam

  3. Saladine · · Reply

    Senang sekali ada yang menceritakan tentang berbagai macam kopi. Saya juga salah satu pencinta minuman ini, walau tidak sampai ketagihan. Singkat dan ringan dibaca, terima kasih telah menulis ini

    Walau ada sedikit penjelasan yang agak mengganjal di hati saya, di bagian perbedaan Cappucino dan latte

    Saya setuju dengan anda, membedakannya akan membutuhkan usaha. Mengingat bahan dari ke2 kopi tersebut adalah sama. namun, yang membedakannya adalah “amount”

    Latte lebih banyak susunya, saya setuju. tapi menyebutkan 1/3 espresso, 2/3 susu cair agak sedikit kurang tepat. kalau saya boleh memberi saran, lebih tepat mungkin 2/6 espresso, 3/6 susu, dan 1/6 foam / busa susu. Menghasilkan rasa yang lebih ringan? saya sependapat 100%

    Sedangkan cappuccino, memakai resep yang anda sebutkan di latte. 1/3 espresso, 1/3 susu dan 1/3 busa susu. Mengingat biasanya diminum di pagi hari, tidak heran bila rasa espresso nya harus sedikit lebih pekat.

    Tentunya, gambar yang anda tampilkan di akhir post sangatlah detail. Akan lebih baik lagi bila ada konsistensi dari pernyataan anda dengan gambar penjelasan yang paparkan.

    1. wah terima kasih mas atas masukannya. sudah saya update sedikit. hehe. kayaknya expert nih :D

      itu gambarnya nemunya belakangan jadi memang ga dicek lagi sih, cuma dilihat sekejap (bukan ilustrasi yang saya bikin,red)..tapi makasih mas telah diingatkan, memang sepatutnya antara gambar dan keterangan sinkron ya :)

      1. anda terlalu memuji. saya hanya pencinta kopi biasa :)

  4. wah artikelnya menarik nih… keren.. boleh dicopas??

    1. silahkan, tapi kalau ngga keberatan tolong cantumin nama blog saya ya mas ;)

      1. wah klo itu jelas pasti saya cantumkan… :)

  5. bisakah saya belajar membuat kopi ini dg anda,,,

  6. Buat begadang biasanya saya minum Espresso namun tidak jarang juga konsumsi Cappucino di malam hari :D

  7. gelas kecil buat menyajikan espresso diesbutnya demitasse mba :)

  8. Lutfie Azka · · Reply

    What does a half and half steamed milk?

    1. It is a 50:50 mixture of milk and cream

  9. Thanks bgt infonya,aq biasanya cm bs ngrasain tp gatau perbedaannya.penasaranku dah terjawabkan

  10. betul sekali. biasanya di indonesia orang asal minum kopi termasuk aku hehe. tapi sekarang aku coba utk lebih menikmati cita rasa kopi menggunakan resep2 mancanegara, tentu saja dengan biaya murmer hehe. cukup modal kopi press. ga perlu lagi pergi ke cafe. btw favoritku: kopi 1sdm, krim 1 sdt, susu 1 sdt, gula 2 sdt. wowww mansztapp

  11. nuhun mbak aku copas ya buat tugas kuliah aku?aku pasang sumbernya ya

  12. Butuh bubuk cappucino segar dan nikmat kunjungi : http://www.kiranawijayagrosir.blogspot.com

  13. Wah, makasih gan atas penjelasannya mengenai kopi, ringkas, tepat, dan berbobot…
    saya juga penggemar berbagai jenis kopi…

  14. Ulasannya baik sekali., buat pecinta kopi lainnya bisa share biar lebih kaya..

  15. Kodri Muhammad · · Reply

    gan,,kalau mau tahu tentang intructions kopi main aja ke kantor gue gann
    Coffindo PT, Cabang Pekanbaru Jl. Jenderal Sudirman Komplek Perkantoran Sudirman Square Pekanbaru

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,331 other followers

